Keajaiban sepertiga malam

Posted on Updated on

Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada baginda Muhammad rasulullah saw, kepada keluarganya, dan para sahabat-sahabatnya yang amat setia.

            Waktu malam adalah waktu yang demikian diperhatikan oleh al-Qur’an. Waktu malam adalah waktu yang penuh misteri dan rahasia, dimana misteri dan rahasia tersebut hanya akan dapat dimengerti oleh orang-orang yang berbahagia jiwanya.Waktu malam bukan hanya waktu yang gelap, sebab kegelapan malam justru merupakan letak pesona yang dimilikinya. Waktu malam adalah waktu orang-orang arif, para penempuh jalan irfani, para pecinta Ilahi. Waktu malam adalah waktu yang menyedihkan bagi para pendosa, sebab semakin malam semakin larut, para pendosa semakin banyak melakukan dosa. Berbeda dengan orang-orang yang menempuh jalan arif mereka mendapat kebahagian dan memiliki cinta yang besar terhadap Yang Maha memiliki cinta yaitu Allah. Yaitu dengan melakukan komunikasi dalam waktu yang memang sudah ditentukan yaitu sepertiga malam terakhir dengan cara Shalat tahajjud. Ditanyakan kepada Rasulullah saw, “ Doa apa yang paling didengarkan oleh  Allah?” Beliau menjawab,”doa yang dipanjatkan pada tengah malam dan setelah sholat fardlu. (HR.tirmidzi).

            Sholat Tahajjud secara bahasa memiliki pengertian yaitu bangun dari tidur di malam hari, sehingga sholat tahajjud dapat didefinisikan sebagai sholat yang dikerjakan pada malam hari hingga menjelang shubuh. Sholat Tahajud (qiyamu lail) merupakan ibadah yang tidak asing lagi bagi umat islam. Begitu pentingnya nilai dan keutamaan Sholat Tahajud. Tapi masih sering kita sepelekan. Terus kapan waktu yang tepat untuk mengerjakanya..? walaupun sholat Tahujjud dapat dilaksanakan sepanjang malam mulai selepas isya’ hingga shubuh menjelang. Tetapi alangkah baiknya atau lebih utama dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir atau kira kira pukul 2 -3 dini hari, “ Sebagaimana sabda Rasullullah saw. Dari Abu Hurnirah yang artinya: “ Allah pada setiap malam turun ke Bumi, ketika sampai pada sepertiga akhir malam Allah berfirman: “Barang siapa berdoa kapada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Barang siapa meminta kepada-Ku, maka niscaya akan Aku berikan dan barang siapa memohon ampun kepada-Ku niscaya akan Aku ampuni.” (H.R.Jamaah).

            Sungguh begitu dasyatnya keutamaan sholat tahajud, seperti tampak dalam firman AllahTa’alla.

z`ÏBur È@ø‹©9$# ô‰¤fygtFsù ¾ÏmÎ/ \s#Ïù$tR y7©9 #Ó|¤tã br& y7sWyèö7tƒ y7•/u‘ $YB$s)tB #YŠqßJøt¤C ÇÐÒÈ  

’’Dan pada sebagian malam hari bersholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah – mudahan Rabb-mu mengangkatmu ketempat yang terpuji”.          (Q.S.Al-Isra’ :79).

$pkš‰r¯»tƒ ã@ÏiB¨“ßJø9$# ÇÊÈ   ÉOè% Ÿ@ø‹©9$# žwÎ) Wx‹Î=s% ÇËÈ   ÿ¼çmxÿóÁÏoR Írr& óÈà)R$# çm÷ZÏB ¸x‹Î=s% ÇÌÈ   ÷rr& ÷ŠÎ— Ïmø‹n=tã È@Ïo?u‘ur tb#uäöà)ø9$# ¸x‹Ï?ös? ÇÍÈ  

 “ Hai orang  yang berselimut ( Muhammad) bangunlah untuk Sholat dimalam hari, kecuali sedikit daripadanya yaitu seperdua atau kurangilah dari seperdua itu atau lebih dari seperdua itu”. (Q.S. Al-muzzamil: 1-4).

            Sholat Tahajjud hukumnya adalah sunah muakkad ( sunah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan ). Walaupun sifatnya sunah atau nafillah ( tambahan ), tetapi Rasullullah rutin mengerjakannya sampai akhir hidupnya. Seperti diriwatkan dariAl-Mughirah bin Syu’bah; bahwa Nabi saw mengerjakn Sholat hingga telapak kakinya pecah-pecah. Lalu beliau ditannya, “Mengapa engkau menyusahkan diri dengan ini semua, sedangkan Allah Ta’alla telah mengampuni segala kesalahan yang telah lalu maupun yang akan datang “ Beliau menjawab”, Tidak bolehkah aku ingin menjadi hamba yang bersyukur?’’                       ( H.R. Bukhari dan Muslim ).

Aisyah Radiallahu Anha meriwayatkan, bahwa apabila Rasul mengerjakan sholat , beliau berdiri hingga pecah – pecah kakinya, Aisyah bertanya “ Wahai Rasul, mengapa engkau lakukan ini semua padahal Allah telah mengampuni segala kesalahanmu dimasa lalu baik yang mendatang.” Beliau menjawab, apakah tidak boleh aku ingin menjadi seorang hamba yang bersyukur”.

Dan ada sebuah kisah dari seorang sufi “ Suatu malam aku tertidur nyeyak sekali dan tidak bisa bangun untuk mengerjakan shalat tahajjud. Dalam tidur aku bermimpi melihat seorang gadis amat cantik, yang belum pernah aku lihat selama hidupku. Dia menebarkan wangi harum yang belum pernah aku cium baunya. Dia menyodorkan selembar kertas kepadaku yang didalamnya terdapat tulisan, “Kamu telah tertidur dengan sangat nyenyak sehingga kamu lupa terhadap balkon-balkon tinggi yang ada di surga, yang mesti kamu tempati selamnaya tanpa ada rasa takut akan kematian. Bangunlah! Lebih baik kamu membaca al-Qur’an dan sholat Tahajjud dibandingkan tidur” sejak itu , setiap kali aku merasa mengantuk, kat-kata tersebut hadir dalam pikiranku dan mengusir rasa kantuk. Adz-Dzahabi mengatakan bahwa di antara orang-orang yang banayk shalatnya mulai isya’ sampai fajar adalah Ali bi Husain Zainal Abidin. Disebutkan bahwa apabila malam terasa panjang baginya dan fajar mulai mendekat. Ia berabjak dan berwudhu, lalu mendatangi pembaringannya seraya berkata: “Alangkah indahnya kamu. Alangkah hangatnya kamu dan alangkah menyenangkannya kamu. Tapi, di surga ada yang lebih baik , lebih menyenangkan, dan lebih hangat daripada kamu. Demi Allah, aku tidak akan tidur sampai fajar. Apabila fajar terbit, terlihatlah dari roman wajahnya seberkas cahaya obor yang terang. Orang –orang bertanya kepada Al-Hasan Al-Bashri;”Mengapa orang-orang yang gemar shalat malam hari wajahnya terlihat seakan-akan ada cahaya?’’ Al-Hasan menjawab: “ karena mereka menyendiri dengan Allah, maka Allah memakaian kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya.

            Banyak rahasia dan khasiat yang terkandung dalam ibadah Sholat Tahajud. Diantaranya yaitu:

TERKABULNYA DO’A

Melakukan sholat tahajjud secara kontinyu dan kusyu’ dapat membuat terkabulnya doa. Ini adalah janji Allah sebagaimana disabdakan oleh Nabi. “Rabb-mu turun pada setiap malam kelangit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Berfirman, “Siapa yang berdoa kepada-Ku maka Aku akan kabulkan doanya. Siapa yang memohon kepada-Ku maka Aku akan memberikan permohonannya. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku maka Aku memberikan ampunan baginya”. Demikianlah hal itu terjadi hingga terbit fajar.     ( H.R. Bukhari dan Muslim ).

Oleh karena itu Ikhwan & ikhawati waktu yang sempit ini  kita gunakan untuk bermunajat kepada Allah, kita minta apa yang kita perlukan, kita inginkan, dengan cara Sholat Tahajud, Insyaallah akan terakabul.

BALASAN SURGA

Orang yang melakukan Sholat Tahajud , akan memperoleh balasan Surga, hal ini nampak jelas dalam firman-Nya.

¨bÎ) tûüÉ)­GßJø9$# ’Îû ;M»¨Zy_ Abqã‹ããur ÇÊÎÈ   tûïɋÏ{#uä !$tB öNßg9s?#uä öNåk›5u‘ 4 öNåk¨XÎ) (#qçR%x. Ÿ@ö6s% y7Ï9ºsŒ tûüÏYÅ¡øtèC ÇÊÏÈ   (#qçR%x. Wx‹Î=s% z`ÏiB È@ø‹©9$# $tB tbqãèyföku‰ ÇÊÐÈ  

Sesungguhnya orang orang yang bertaqwa berada di dalam taman- taman surga dan mata-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang- orang yang berbuat baik. Mereka sedikit tidur diwaktu malam  dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah“.(Q.S.Adz-Dzaariyat:15-18

PENCEGAH & PENGHAPUS DOSA

Dari Abu Umayah, bahwa Rasulullah saw bersabda: “Tetaplah kalian untuk mengerjakan shalat malam karena ia merupakan kebiasaan  orang-orang shalih sebelum kalaian. Ia merupakan pendekatan kepada Tuhan kalian, penghapus dosa-dosa dan pencegah dari perbuatan dosa. (HR.Tirmidzi)

JIWA MENJADI LEBIH BAIK

Dan shalat tahajjud adalah amalan yang dapat memusatkan jiwa hanya kepada Allah. Rasulullah saw bersabda “ Ketika salah seorang dari kalian sedang tidur, maka setan mengikatkan tiga ikatan ditengkuk kepalanya. Untuk setiap ikatan dia menyegel dengan perkataan: kamu masih memiliki malam yang panjang , maka teruslah tidur! jika dia tetap bangun dan menyebut nama Allah, maka satu ikatan lepas. Jika dia mengambil air wudlu, maka satu ikatan lepas ;lagi dan jika jika dia mengerjakan shalat maka satu ikatan lepas lagi dan dia menjadi orang yang rajin dan jiwanya baik. Tetapi jika tidak maka jiwanya akan jelek dan dia akan malas. (HR. Bukhari-Muslim).

PINTU KEBAIKAN

Diriwatkan dari Mu’adz, bahwasanya rasulullah saw bertanya kepadanya, “Maukah kamu kutunjukan beberapa pintu kebaikan?’’ selanjutnya beliau menyebutkan tiga hal: puasa, sedekah yang bisa menghapus dosa, mengerjakan sholat tahajjud ditengah malam. 

Firma Allah SWT:

Itulah (karunia) yang (dengan itu) Allah menggembirakan hamba-hanba-Nya yang beriman dab mengerjakan amal shaleh. Katakanlah: “Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upah pun atas seruanku kecualai kasih sayang dalam kekeluargaan”. Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan  kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikanaya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi maha Mensyukurinya(Qs.as-Syura:23).

Dan masih banyak keistimewaan sholat Tahajjud, dan hanya allah yang Maha Mengetahui, Allah Maha Besar.Allah hu Akbar….

Alangkah indahnya jika kita berlomba-lomba melaksanakannya, alangkah damainya bumi ini jika semua orang melakukan sholat tahajud, seluruh berkah akan turun di muka bumi ini dan masih banyak keutama-keutamaan Sholat Tahajud yang lain. Sungguh Allah maha Besar, memberikan kemulian bagi umatnya yang bertaqwa. SEMOGA KITA DAPAT MENGAMALKANNYA DENGAN IKHLAS, NIAT HANYA MENCARI RIDHO ALLAH, SAUDARA-SAUDARAKU  MARI KITA MEMOHON KEPADA ALLAH AGAR APA YANG MENJADI KEINGAN KITA TERKABUL, LEBIH-LEBIH KITA YANG KELAS TIGA YANG SEBENTAR LAGI MENGHADAPI UAN INSYAALLLAH KITA AKA MENDAPAT KEMULIAAN DAN DALAM LINDUNGANNYA.AMIEN……

(BY:Hendra Septiawan) 

Silahkan beri tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s