Hakikat Sumpah Pemuda

Posted on

Saudara – saudariku sebangsa dan setanah air. . .

100 tahun budi utomo, 80 tahun sumpah pemuda yang menjadikan cerminan bagi para pemuda sekarang bagaimana sulitnya mendapatkan pendidikan pada masa itu, dan bagaimana susahnya menyatukan para pemuda yang terpecah belah, sebetulnya sumpah pemuda ini sudah pernah terjadi pada masa kerajaan majapahit yaitu sumpah palapa patih gaja mada yang bersumpah untuk tidak senang- senang sebelum menyatukan nusantara. Hal itu ditiru para pemuda Indonesia untuk menyatukan pemuda – pemuda Indonesia. Sebetulnya para pemuda/I Indonesia jaman sekarang harus mengambil pokok dari sumpah pemuda yaitu menjadi pemuda yang Nasionalis, Religius, menyatu dengan bangsa. Apakah semangat itu tertanam di benak pemuda/I jaman sekarang ?

            Kita harus melindungi para pemuda, dan para pemudanya tidak boleh mentang-mentang sudah besar tidak mau dilindungi, dilindungi disini bukan berarti dilindungi dari hukum akibat pelanggaran- pelanggaran tetapi perlindungan disini adalah pelindungan dari narkoba, karena narkoba menjadi salah satu perusak bangsa kenapa saya katakan demikian karena jika pemuda rusak maka rusak pula bangsanya, betul apa yang dikatakan pepatah “Pemuda adalah masa depan”.

            Seharusnya pemerintah membuat sebuah undang- undang tentang pemuda karena dinegara- Negara ASEAN lain yang mengatur pemuda. Yang isinya adalah “pemuda itu siapa?”,”pemuda itu bagaimana ?”dan lain- lain. Jika itu sudah dibuat kita tidak akan bingung lagi tentang pemuda dan tugas- tugasnya.

            Tugas pemuda jaman dahulu lebih berat tugasnya dari pada sekarang, karena dahulu Indonesia harus melawan para penjajah yang mana pemuda ikut didalamnya, dan pemuda juga harus belajar supaya tidak di tipu oleh para penjajah namun apa yang terjadi pada pemuda sekarang pengimplementasian hakikat sumpah pemuda tak seindah yang diharapkan oleh para pencetus sumpah pemuda, kurangnya persatuan dan kesatuan. Hal  ini sangat mengherankan sekali para pemuda zaman sekarang lupa akan naskah sumpah pemudah padhal perumusan sumpah ini sangat sulit sekali dirumuskan.

            Semoga dengan peringatan sumpah pemuda kita wujudkan semboyan kemenegpora yaitu menjadi pemuda yang nasionalis, religious dan menyatu dengan bangsa(mempererat persatuan dan kesatuan)…

 

Silahkan beri tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s