Masalah dan Solusi tentang ujian nasional (UN)

Posted on

Pendidikan adalah sesuatu yang penting untuk masa depan,
namun pendidikan belakang menjadi s0r0tan dengan adanya putusan MA yg menolak kasasi pemerintah. Masalahnya karena adanya gugatan dari LSM karena UN dianggap menelan k0rban.
Dikatakan demikian memang betul, terutama k0ndisi psik0l0gis sang anak yg down bahkan banyak pula yang bunuh diri karenanya. Korbannya ternyata bukan hanya anak-anak yang tergolong pintar.
Pemerintah sudah membenahi sistem kelulusan dgn 4 aspek yg awalnya hanya melihat UN sbg penentu kelulusan yaitu:1. Mengikuti seluruh pembelajaran
2. Lulus UAS
3. Baik secara m0ral dan agama
4. Lulus UN. Tetapi jika salah satu diantaranya tidak lolos ya tidak lulus. Alangkah baiknya(s0lusi) jika tidak mempertimbangkan aspek lainnya?
Masalah lain adalah fasilitas dan kesejahteraan guru.
Masalah ini menarik penyetaraan ujian dr pusat ke daerah, memang kurang mengena. Karena, di daerah fasilitas dan gedung2 kurang memadai. Ada yg sudah memadai tetapi pemanfaatannya hanya untuk hiburan saja(pengalaman didaerah saya).
S0lusinya adalah s0sialisasi yang haruz merata.
Masalah sertifikasi(kesejahteraan)
ini pr0gram bagus. Peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru. Kebanyakan guru meningkatkan kesejahteraannya dengan menyampingkan peningkatan kualitas saya terketuk menulis ini karena ada perkataan guru saya yg tidak mengikuti sertifikasi”oalah,dulu gaji sedikit tapi bisa mengantarkan anak2nya sampai sukses. Udah bgini aja disyukuri”(bersambung)

3 thoughts on “Masalah dan Solusi tentang ujian nasional (UN)

    faiz said:
    6 Januari 2010 pukul 8:34 am

    seharusnya Pemerintah membenahi lagi penyelengaraan unas yg bwt para siswa utamanya bingung dan stress,menurutku kelulusan lbh baek ditentukan oleh skolah.

    Suka

      rahmadinata responded:
      4 Februari 2010 pukul 4:29 am

      betuuuuulllll

      Suka

    […] Hari ini, Ujian nasional semakin baik, dan memperbaiki sistem. Sebelumnya saya pernah menulis UN dan Solusinya 1 dan UN dan Solusinya 2. Sekarang, UN tidak dijadikan penentu kelulusan. Ini kabar gembira bagi […]

    Suka

Silahkan beri tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s