Menulis Lagi!

Posted on Updated on

Setelah 1 bulan yang aku jadi mahasiswa. ternyata menyenangkan. Dan membangkitkan semangatku untuk kembali menulis di BLOG. Setelah sekian lama vakum. Maklum banyak tugas. Hobi ini muncul karena dapat semangat dari temen- temen FB(yang baru kenal), sesama blogger, para pembaca blogku yang ngerasa terbantu. Sehingga aku mulai mau dan ingin aktif kembali dalam dunia tulis menulis di blog.
Aku diterima di Program studi sistem informasi UNEJ angkatan 2010, yang berarti angkatan kedua dari 2 angkatan(emangnya saudara haha). Ya inilah PSSI(bukan Persatuan sepak bola indonesia, tapi Program Studi Sistem Informasi). Prodi yang baru dibuka tahun 2009 pada tahun ini menerima total 121 mahasiswa/i. Jujur pada awalnya aku itu gak berminat masuk disini, karena apa? Aku ngerasa basic ku emang di komputer aku pengin cari ilmu yang beda. Jadi gak melulu di komputer. Tapi setelah masuk sini aku malah jatuh cinta, dan aku membuang jauh pikiran sempitku. Ternyata komputer itu ilmu yang luas.
Di PSSI ini aku pada semester pertama aku menempuh 20 sks yaitu:
1.Algoritma dan Struktur Data I (3 sks)
2.Dasar – Dasar Sistem Informasi (2 sks)
3.Pengantar Multimedia (2 sks)
4.Pendidikan agama islam (3 sks)
5.ISBD (3sks)
6.Matematika Dasar (3 sks)
7.Bahasa Inggris (2 sks)
8.Interaksi Manusia dan Komputer(2 sks)
semuanya berjumlah 20 sks, kalau gak percaya hitung sendiri, gih! Pelajaran apaan tuh???
aku saja pertama bingung pelajaran apa itu?? oke satu satu deh aku jelasin. Oh ya pertama ngejelasin tentang sks(sistem kredit semester).apa sih?? ini yang selalu muncul ketika aku SMA. Yang saya tangkap jika kita ngambil 20 sks berarti kita itu dalam satu minggu itu ketemu 20 jam pelajaran (kalau di SMA kalau kuliah yaa jam perkuliahan) kalau di Universitas jember itu 1 sks itu sama dengan 50 menit.
Oh yaa di PSSI itu ada 3 UKM yang keren, UKM???apalagi tuh??? UKM itu unit Kegiatan Mahasiswa. Di SMA semacam extrakulikuler gitu deh. Apa aja sih UKM di PSSI?ada 3 yaitu:
1.UKM LAOS
ini kepanjangannya Linux And Opensource. Linux? Apa itu? Linux itu sama halnya dengan windows. Sistem operasi yang menurutku keren. Kenapa? Dari tampilan aja hmm membuatku jatuh cinta. Oh ya Linux itu gratisan. Gak perlu licensi-licensi yang tetek bengek segala macem meribetkan kita, masalah booting(startup pertama) boleh diadu dengan yang berbayar. Gak perlu ribet nginstall antivirus. Bisa remaster(jadi linux dimodifikasi terserah kita, di indonesia banyak sih distro lokal contohnya BlankON, DewaLinux), ga perlu ribet nginstall driver. Ada kelebihan berarti ada kekurangan, kekurangannya menurutku karena belum terbiasa pakai linux jadi yaa keliatan sulit, beberapa software yang diwindows tidak bisa di jalankan di LINUX. UKM ini masih ada hubungannya dengan perkuliahan . Tau kenapa?? karena di UKM ini dibagi tiga divisi.
1. divisi Sistem Operasi : di divisi ini ya kata sang ketua minimal harus bisa nginstall sistem operasi
2. divisi Pemrograman : ini divisi membahas tentang bahasa pemrograman gitu,kalau desktop Java, dkk. Kalo berbasis web seperti PHP dkk.
3. divisi Multimedia : nah divisi ini membahas tentang desain grafis ada yang berbasis vektor dan yang berbasis bitmap
2.UKM KESENIAN ini dibagi jadi 3 divisi, yaitu:
1. divisi Musik : yang hobi ngeband2 atau yang mau belajar boleh masuk sini.
2. divisi tari ; kumpulan orang2 yang suka nari, baik nari tradisional atau modern
3. divisi PSM: Ini yang hobi nyanyi grup, alias paduan suara
3.UKM SIFUT
sifut ini kepanjangan dari Sistem Informasi Futsal, ini menampung siswa yang seneng bermain futsal.
Nah sekian dulu ya tulisan saya, tulisan berikutnya membahas tentang mata kuliahku deh. OK!semoga bermanfaat.

Silahkan beri tanggapan

