#BRAND4EVENT – Branding your event

Posted on

Selamat malam ..

Malam ini saya akan berbagi tentang memBRANDing suatu event. Sebelum memBRANDing event, apa sih Branding itu? penting? eits.. tunggu dulu sebelum kenal Branding, harus kenalan dulu nih sama BRAND, apa sih nih.. Menurut Amalia, Brand adalah merek yang dimiliki oleh perusahaan, sedangkan branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand.(http://amaliamaulana.com/blog/brand-branding-dan-peranannya-bagi-perusahaan/) nah, kalau menurut American Marketing Association (AMA) mendefinisikan merek sebagai nama , istilah, tanda, simbol atau desain, atau kombinasi dari semua itu yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang dan jasa dari satu perusahaan atau kelompok perusahaan dan untuk membedakan mereka dari perusahaan lain.(http://about.com). Menggabungkan dari keduanya BRANDING adalah suatu proses komunikasi untuk membangun suatu barang / jasa yang bertujuan untuk membedakan dengan yang lainnya. jadi proses ini penting bagi  sebuah perusahaan, organisasi. Dalam Perusahaan jelas Branding itu bertujuan(menurut about.com) untuk:

  • Memberikan pesan jelas
  • Konfirmasi kredibilitas Anda
  • Menghubungkan prospek target Anda secara emosional
  • Memotivasi pembeli
  • Beton Pengguna Loyalitas

Kita tentu ingat kan “Orang Pintar Minum Tolak Angin” branding dari produk tolak angin, “Yang lebih mahal banyak” => semua orang pasti ingat ini punya merk obat nyamuk, selain itu ada lagi yang baru baru ini muncul “Kopinya Orang indonesia” –> orang pasti termindset untuk bilang ooh itu lo top coffe, dan bagaimana hebatnya airmineral aqua yang bisa merajai produk sejenis, kita pasti sering dengar bahkan kita sering melakukan hal seperti ini “Bu, beli aquanya” penjual itu sadar, atau tidak sadar pasti akan menyuguhkan airmineral walaupun air minral itu bukan bernama “AQUA”, itulah hebatnya branding. memindset orang untuk sebuah produk.

Tapi untuk organisasi? apakah penting membranding event? dari penjelasan diatas Branding penting untuk organisasi. dimana Organisasi bisa mengenalkan event yang digarapnya untuk memeroleh peserta yang lebih luas, dan untuk membuat setia pelanggan/ peserta lama. Sulit yah? gini deh, belajar dengan contoh yah?

Sisfo Cup, adalah Event Sport Tahunan dari UKM-O PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI Perintisnya membranding “The Real Competition”ini bertujuan agar menjadi suatu mindset.

Silahkan beri tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s