Charger Mobil Listrik, Agar tak Antri Bensin Lagi

Posted on

Akhir akhir ini didaerah saya tempat menimba ilmu, jember, terjadi kelangkaan bensin. Hari pertama, untuk mendapatkan 3 liter premium harus membutuhkan waktu 4 jam.  Hari kedua setelah antri 2 jam akhirnya dapat pertamax, iya pertamax, premiumnya habis. Mungkin saya merupakan salah satu bensin adiccted atau fans bensin premium.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Surono mengatakan ketergantungan energi fosil masih didominasi oleh kebutuhan minyak yang mencapai 41,8 persen, disusul batu bara 29 persen dan gas 23 persen. Kebutuhan ini untuk memenuhi sektor industri yang mendominasi sebesar 37 persen penggunaan energi fosil di Indonesia. ( Sumber )

Krisis Energi
Sumber: BPPT – Outlook Energi Indonesia 2013

Ketergantungan Indonesia terhadap bahan bakar fosil sudah mencapai angka 97%(Sumber)

Besar sekali ketergantungan kita terhadap energi yang tidak bisa diperbaharui ini. Bahkan dalam 23 tahun cadangan minyak indonesia akan habis ( Sumber ). Dari grafik diatas bisa dilihat bahwa masyarakat indonesia masih bergantung pada Bahan bakar minyak yang tidak bisa diperbaharui, sedangkan untuk listrik energinya masih belum terserap dengan benar. Hal ini tidak bisa dibiarkan, mengingat 23 tahun lagi cadangan minyak indonesia akan habis. Indonesia memang negara kaya, negara serba ada,itu dulu sebelum minyak bumi dipompa habis habisan. Kasihan anak cucu kita nantinya, tidak bisa menikmati kekayaan alam indonesia berupa minyak bumi. Masih ingatkah salah satu BUMN yang berhasil mengkonversi minyak tanah ke gas? Sekarang ibu rumah tangga, para pedagang nasi goreng, pedagang yang dulunya menggunakan minyak tanah sekarang mungkin sudah lupa dengan bau minyak tanah. Mereka lebih senang menggunakan gas, lebih hemat.

Biasanya menghabiskan minyak tanah sampai 10 liter lebih mas, sekarang pakai gas bisa lebih hemat ( Emil, penjual nasi goreng)

Tidak hanya hemat bagi para ibu rumah tangga, tapi hemat untuk negara, bisa menghemat sampai Rp. 123 T ( SUMBER ). Suksesnya Konversi mitan ke gas ini adalah salah satu upaya mengurangi konsumsi bahan bakar fosil.

Jika pertamina bisa, PLN seharusnya Bisa! teringat slogan PLN di surabaya . BISA, PASTI BISA, HARUS BISA. Semenjak abah Dahlan iskan menjadi dirut PLN dan sekarang menjadi Mentri BUMN, abah salah satu penggiat pengurangan konsumsi BBM agar beralih ke Listrik, dengan membuat putra petir. apa itu? abah memanggil putra terbaik bangsa untuk membuat mobil listrik. awal tahun 2013 lalu abah mencoba tuxuci walaupun mengalami kecelakaan ( sumber).

Produksi mobil listrik mulai menggeliat di dalam negeri (sumber). Sudah seharusnya PLN menyiapkan fasilitas charger untuk electricity vehicle.menurut Navigant Research di seluruh dunia sudah terpasang sekitar 64000 stasiun pengisian listrik untuk electricity vehicle di sluruh dunia. Mayoritas fasilitas pengisian ini ada di Eropa Barat dan Amerika Utara. Sebelum diproduksi masal mobil listriknya, alangkah baiknya dibangun dulu fasilitas chargernya. Hal ini melihat pengalaman sukses pemenuhan fasilitas konversi minyak tanah ke gas.

Dengan adanya Fasilitas itu tentunya masyarakat tidak akan bingung dan tidak akan ragu untuk beralih ke mobil atau motor listrik. PLN tidak harus mengganti mobil BBM ke mobil listrik karena hal ini Tidak mungkin. Cukup sediakan fasilitas pengisian listrik saja. kalau membangun infrastruktur seperti itu keberatan, ide sederhana saya untuk PLN cukup dengan menyediakan fasilitas charger di setiap tiang listrik dengan menggunakan voucher. bayarnya bisa setiap mengisi daya baterai, atau lamanya mengisi baterai.

Sekian dari saya. PLN, Saya sudah bosan Antri Bensin. Terima kasih.

Tulisan ini dipersembahkan untuk lomba blog #idekuuntukPLN yang diselenggarakan untuk PLN.

Silahkan beri tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s