Kalau Bukan kita? Siapa Lagi?

Posted on

Sore tadi dalam perjalananku dari jember menuju banyuwangi sempat berbincang- bincang. Kejadiannya kira kira pukul 14.00.

” Kerja di bali itu enak ya? tapi saya tdk dapat apa apa dari sana 2,5 tahun di bali cuma dapat istri” Si supir angkot terkekeh, dan menyuruhku untuk pindah ke kabin supir, karena sepi beliau meminta saya untuk menemaninya didepan.

Pembicaraan dimulai dari cerita perjalanan karir beliau. Katanya tahun 1997 dia kerja dibali, kerja sebagai karyawan pabrik helm bagian mesin.

Mak, iki kek hasile isun nang bali. (bu, ini nih hasilnya aku di bali) ” kata supir lin tersebut berbicara pada ibunya waktu itu.

Lah iro iku megawe nang bali seng ono hasile, moleh moleh mung nggowo wong wadon bain. ( Kamu ini kerja di bali tidak ada hasilnya, pulang pulang cuma membawa istri saja)”  sahut ibunya sesaat setelah sang putranya datang

Sejak saat itu, pembicaraan dengan bahasa using dimulai. Pembicaraan tentang tokoh di banyuwangi, BLT, sampai janda pun tak luput dari pembicaraan saya tadi sore. hehehe. Sampai tak terasa saya yang harusnya turun untuk oper angkot di terminal blambangan, malah cerita berlanjut, dan si supir memberhentikan angkotnya di pom bensin sukowidi.

” wah, pasti saya di antarkan sampai ketapang nih” saya berkata dalam hati.

Enteni kene bain yah, mane hun cegataken lare lare

Ternyata beliau bertujuan untuk memilihkan saya angkot nomor 6 ( terminal blambangan – terminal ketapang via Jl. Yos sudardo, Jl. gatot soebroto).

Saya mulai meminta nomor handphone beliau, dan beliau pun sama meminta nomor handphone saya. Suryadi namanya. Beliau meminta, kalau untuk menghubungi jangan sms, karena beliau tidak bisa SMS. Beliau juga meminta untuk menyimpankan kontak saya ke handphone nya.

” Sulung tah, peno asli endi?”(Sebentar, kamu asli mana? ) tanyanya heran.

Isun lare ketapang asli, kang. Lahir nang malang tapi mulai TK sampai SMA isun nang Banyuwangi dadi isun LARE OSING” Jawab saya dengan bangga

“Lah, Usinge kari totok agh yoh? “ (masak? bahasa usingnya fasih banget?) masih terheran

Isun iki kepingin njogo budoyo kang, bahasa using. kadung seng lare enom koyok isun sopo maning kang arep njogo? ( Saya hanya ingin menjaga budaya, bahasa using, kalau bukan anak muda seperti saya sapa lagi yang akan menjaga?) jawab saya Tegas dan Bangga

Biasane yo , lare lare enom iku gengsi nganggo bahasa osing. Ono hang ngomong bahasa indonesiaan nyang isun, hun ajak Usingan iku seng gelem jarene  isin.” ( Biasanya ya, anak muda itu gengsi menggunakan bahasa using. Ada yang berbicara menggunakan bahasa indonesia pada saya, saya ajak berbahasa using itu tidak mau malu katanya.)

Marilah anak muda mulai menjaga bahasa kita sendiri. Orang madura mulailah berbahasa madura sesama teman, orang sunda juga begitu, batak dll. Biarlah kita yang menjaga budaya ini. Jangan sampai orang lain mengaku budaya kita. Saya pertegas lagi, saya bukan orang yang lahir di banyuwangi, walaupun secara administratif saya lahir di banyuwangi soalnya saya waktu lahir di malang, dapat seminggu dibawa ke banyuwangi. menurut cerita sih, orang tua saya sudah bukan berpenduduk malang. Dan dulu belum ada sistem yang canggih, akte pun masih di ketik manual. TIdak bisa mendaftar secara online. Jadi secara administratif saya lahir di banyuwangi. Tetapi saya tetap mau belajar bahasa Using karena ingin menjaga bahasa ini agar tetap membudaya di banyuwangi. Walaupun, dulu kaku dalam pengucapan, kaku dalam perbincangan. Saya belajar bahasa using dari pacar saya dan keluarga pacar saya. Mereka tinggal di boyolangu. Mereka menjunjung tinggi bahasa Using. Dalam keseharian mereka menggunakan bahasa using. Saya sempat di ejek, karena kaku. tapi go ahead aja. Orang kepingin bisa ya harus ada usahanya.oh ya, pak suryadi itu supir angkot no 2 ( Terminal Blambangan – Terminal brawijaya via kertosari). Semangat! seperti kata pak prabowo. Kalau bukan kita, Siapa Lagi? Siap untuk menjaga?

 

Silahkan beri tanggapan

