Review Buku Semua bisa jadi pengusaha Part II

Posted on Updated on

Berikut adalah Review Buku Semua bisa jadi pengusaha Part II. Setelah bebrapa hari vakum nulis. hhehe.

BAB I

-Modal Dasar Pengusaha-

Dalam berusaha menurut Ustad Yusuf mansyur dalam bukunya Semua Bisa Jadi Pengusaha, harus memiliki modal dasar sebagai Pengusaha. Apakah modal dasar yang dimiliki oleh seorang pengusaha adalah UANG? Bukan, ada beberapa hal yang harus di miliki sang pengusaha, Tanpa Uang pun, kalau kita yakin pasti bisa menjadi seorang pengusaha. Dalam Bab I ( Modal dasar pengusaha) sub Bab “Luruskan Niat” Ustad yusuf mansyur mengingatkan bahwa tidak ada kedudukan yang lebih baik menjadi pengusaha dan menjadi pekerja kecuali mereka yang bertakwa kepada Allah Swt. Artinya, dihadapan Allah semuanya itu sama saja yang membedakan adalah tingkat ketakwaannya.

Menjadi pekerja yang sholeh akan lebih hebat dibandingkan pengusaha yang tidak sholeh. Seorang Tukang cuci piring di warung penyet tidak lebih rendah derajatnya dibandingkan owner. Bisa apa owner jika tidak ada pekerja yang mencuci piring? Bayangkan jika seorang owner harus menyampaikan kepada pelanggan, “ Para pelanggan yang baik, hari ini tukang cuci piringnya tidak masuk, jadi kami persilahkan saudara saudara untuk mencuci pring masing masing.” Kira kira bagaimana situasi yang terjadi?

Artinya, Jika kita ingin menjadi HEBAT karena Pengusaha itu salah. Visi yang salah . Harus dibenerin dulu visi misinya. Ustadz Yusuf mansyur mengatakan, jika ingin jadi pengusaha benahi dulu niatnya. Diantara contoh niat yang benar adalah “Saya mau jadi pengusaha supaya bisa memberangkatkan orang tua pergi haji, bisa memberangkatkan ibu dari karyawan- karyawan ibadah haji.”

Rasululah bersabda “ Khairunnas, anfauhum linnas” sebaik- baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya. Inilah VISI kita kalau mau jadi pengusaha. Saya ingin jadi pengusaha supaya bisa mengajak sebanyak-banyaknya bekerja, saya ingin mengajak sebanyak-banyaknya orang kampong saya bekerja, saya ingin menjadi wasilah rezeki dari Allah bagi saudara-saudara saya, saya ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang tua saya, kakak saya, dan seluruh keluarga saya. Inilah niat yang lurus kata UStadz Yusuf Mansyur.

-Visi Dan Misi Pengusaha-

Visi misi pengusaha ini punya tingkatan- tingkatannya. Visi misi tertinggi dari menjadi pengusaha adalah untuk menegakkan Kalimat ALLAH. Kemudian diturunkan menjadi Khairunnas anfauhum linnas. Bermanfaat bagi sesama manusia, bagi alam, hewan.

Jika diurutkan Visi kita untuk jadi pengusaha, yang pertama adalah Allah, kedua Rasullullah, ketiga ibu dan Ayah. Jadi tidak sekedar pengin kaya. Jadi Karyawan tidak sekedar pengin Gaji.

Tunjukkan kalau kita ingin jadi pengusaha itu karena kita ingin membawa visi misnya Allah dan Rasul NYA. Cakep ga, kalu seorang owner yang menyuruh karyawannya dhuha dulu, kalau ga dhuha gak absen. Keren juga kalau ada seorang jendral, yang memimpin rapat, ditengah tengah rrapat si jendral mendengar suara adzan, lalu si jendral ingin menghentikan rapat, langsung mengajak seluruh bawahannya untuk shalat. Dan dia jadi IMAMnya, Subhanallah..

Masih banyak kisah kisah yang tidak diulas disini tentang visi misi pengusaha untuk ALLAH. Visi yang tepat, dan misi yang tepat, bahwa usaha kita untuk Allah, Rasulullah, orang tua, keluarga, dan alam semesta maka Allah akan bantu mengatur dan mengurus usaha kita.

Baca Juga :

Review Buku Semua bisa jadi pengusaha Part I

One thought on “Review Buku Semua bisa jadi pengusaha Part II

    […] Review Buku Semua bisa jadi pengusaha Part II (Bab 1 ) […]

    Suka

Silahkan beri tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s