Ini adalah Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru SNMPTN dan SBMPTN 2016

Posted on Updated on

 

Ini adalah informasi penerimaan mahasiswa baru snmptn dan sbmptn, ingin tahu lebih jauh silahkan liat videonya. Jika anda hemat kuota silahkan baca teks berikut sampai habis.

Berdasarkan UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah No 4 tahun 2014. Tentang Penyelenggaraan perguruan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi

Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan tinggi No 2/ 2015. Tentang Penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri yang telah diubah pada Peraturan Menteri RISET, Teknologi dan perguruan tinggi NO 45 /  2015. Pola Penerimaan Mahasiswa Baru dilakukan Melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Seleksi Bersama Masuk Perguruan TInggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri oleh PTN.

SNMPTN adalah merupakan Seleksi yang dilakukan oleh masing-masing PTN dibawah koordinasi panitia nasional, berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa. SNMPTN ini diikuti oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang sudah ditetapkan oleh MRPTNI ( Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia). Kuota SNMPTN sekurang-kurangnya 40% dari total keseluruhan kuota penerimaan mahasiswa baru. Biaya Pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh pemerintah sehingga peserta tidak dipungut biaya seleksi.

SBMPTN adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper based testing) atau menggunakan komputer (computer based testing),  atau kombinasi antara hasil ujian tertulis dan hasil ujian keterampilan calon mahasiswa. Kuota SBMPTN ditetapkan sekurang-kurangnya 30% dari total keseluruhan kuota penerimaan mahasiswa baru. Pembiayaan SBMPTN dibebankan pada peserta dan Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan TInggi.

SELEKSI MANDIRI dilakukan oleh masing masing PTN, ditetapkan sebanyak banyaknya 30% dati Total Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru. 

Peserta SBMPTN dan SNMPTN yang kurang mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui program bidik misi.

INFORMASI SNMPTN tahun 2016 adalah Sebagai Berikut:

A. Ketentuan Umum

  1. Hasil Penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan Rapor.
  2. PDSS merupakan basic data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa
  3. Memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS
  4. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional, memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS
  5. Wajib membaca informasi dilaman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait penerimaan mahasiswa baru.

B. Ketentuan Khusus

  1. Persyaratan Sekolah : SMA/MA/SMK negeri maupun swasta, termasuk Sekolah Republik Indonesia (SRI) yang memiliki NSPN. Telah mengisi PDSS dengan lengkap.
  2. Persyaratan SIswa Mendaftar: Calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester 3, semester 4, dan semester 5. Akreditasi A 75% terbaik di sekolahnya. Akreditasi B 50% terbaik di sekolahnya. Akreditasi C 20% terbaik disekolahnya. memiliki NISN. Terdaftar pada PDSS. melewati 5 semester jika SMA/MA/SMK tiga tahun. atau melewati 7 semester jika SMA/MA/SMK tiga tahun (bagi SMK 4 tahun). Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh perguruan tinggi negeri masing masing.
  3. Penerimaan di PTN: Lulus Satuan Pendidikan, Lulus SNMPTN 2016, dan Lulus verivikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang di tentukan masing-masing PTN penerima.

C. Tahapan Mengikuti SNMPTN

  1. Pengisian dan Verifikasi data PDSS. melalui pdss.snmptn.ac.id
  2. Pemeringkatan: melalui sistem, akan dperingkatkan hasil Ujian nasional, jika lolos maka calon peserta diperkenankan mendaftar
  3. Pendaftaran SNMPTN melalui snmptn.ac.id. menggunakan NISN dan password login

D. Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

Pendaftar dapat memilih sebanyak 2 PTN apabila memilih 2 PTN. Maka salah satu PTN harus ada pada provinsi yang sama dengan SMA asalnya. Apabila memilih 1 PTN maka bisa memilih PTN di provinsi manapun.

Pendaftar bisa memilih 3 program studi dengan ketentuan maksimal 1 PTN dengan pilihan 2 program studi. Urutan dalam pemilihan program studi merupakan urutan prioritas. Siswa SMK hanya diperbolehkan memilih jurusan yang relevan yang ditentukan oleh masing- masing PTN. Daftar Program studi dan daya tampung SNMPTN dapat dilihat pada laman http://Snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

E. Prinsip dan Tahapan Seleksi

Seleksi dilaksanakan dengan Prinsip ” mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih. memperhitungkan rekam jejak sekolah. menggunakan rambu rambu panitia seleksi nasional dan menggunakan kriteria yang telah ditentukan oleh masing masing PTN secara Adil, akuntabel, dan Transparan.

Tahapan Seleksi: Pendaftar diseleksi di PTN pilihan 1 berdasarkan urutan pilihan program studi. Pendaftar yang memilih di 2 PTN dan tidak lolos pada PTN 1 maka akan diseleksi pada PTN 2 bedasarkan urutan prodi dan ketersediaan daya tampung.

 

INFORMASI SBMPTN tahun 2016 adalah Sebagai Berikut:

A. Ketentuan Umum

Seleksi yang dilakukan oleh PTN yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper based testing) atau menggunakan komputer (computer based testing),  atau kombinasi antara hasil ujian tertulis dan hasil ujian keterampilan calon mahasiswa.

B. Ketentuan Khusus 

  1. PENDAFTARAN: Bagi Siswa lulusan 2014 dan 2015 harus sudah memiliki ijasah, Bagi Siswa lulusan 2016 telah memiliki Surat keterangan Lulus Pendidikan menegah sekurang-kurangnya memiliki informasi tentang jati diri dan foto terbaru dengan dibubuhi cap stempel yang sah, memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studinya. Pendaftaran dilakukan secara Online pada laman pendaftaran.sbmptn.ac.id dan tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan ujian keterampilan dapat diunduh pada download.sbmptn.ac.id
  2. PENERIMAAN: lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2016, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing masing PTN penerima.
  3. Urutan pilihan program studi merupakan urutan prioritas pilihan
  4. Peserta Ujian yang hanya memilih satu program studi,  maka bisa memilih PTN manapun.
  5. Peserta yang memilih 2 -3 program studi, maka salah satu pilihan program studi harus ada satu prodi yang dengan tempat peserta mengikuti ujian. pilihan Prodi lain dapat berada diluar wilayah tempat peserta mengikuti Ujian.
  6. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung dan jumlah peminat program studi per ptn tahun 2016 dapat di akses melalui laman sbmptn.ac.id mulai tanggal 25 februari 2016.

C. JENIS UJIAN

  1. JENIS UJIAN TERTULIS (CBT / PBT) :  Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Sains Dan Teknologi (TKD Saintek) dan Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora ( TKD Soshum)
  2. JENIS UJIAN KETERAMPILAN: Tes pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu dan seni terkait, dan pemeriksaan kesehatan dan keterampilan motorik.

D.KELOMPOK UJIAN

  1. KELOMPOK UJIAN SAINTEK: Materi Ujian TKPA dan TKD SAINTEK
  2. KELOMPOK UJIAN SOSHUM: Materi Ujian TKPA dan TKD SOSHUM
  3. KELOMPOK UJIAN CAMPURAN: Materi Ujian TKPA, TKD SAINTEK dan TKD SOSHUM.

Laman Resmi dan Alamat Panitia Nasional SNMPTN dan SBMPTN 2016

  1. Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
  2. Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041 450 450.
  3. Informasi juga dapat diperoleh di kantor Humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat.
  4. Alamat Panitia Nasional SNMPTN 2016:
    Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sayap Utara Lantai 1
    Jl. Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,
    Telepon (0274) 544049,
    Faksimile (0274) 520 325,
    E-mail : sekretariatseleksi2016@uny.ac.id

Pendaftaran Bidik MISI bisa mengakses belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi

untuk jadwal SBMPTN dan SNMPTN dapat dilihat di JADWAL SNMPTN DAN SBMPTN 2016

Silahkan beri tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s