agama

Review Buku SEMUA BISA JADI PENGUSAHA Part III

Posted on Updated on

Istiqomah untuk menulis itu,, GGS bukan Ganteng ganteng serigala lo ya, hehe. tapi Gampang gampang susah. Yah tinggal komitmen aja. dan effort untuk menulis. Sehingga artikel ini muncul Review Buku Semua bisa jadi pengusaha Part III

Bab 1 Modal Pengusaha

Sub Bab Modal Doa.

Ini bagian yang saya suka, menjadi pengusaha dengan modal doa? Masih ingat kan buku The Secret karangan Rondha B? Ketika kita positif thinking maka yang kita dapatkan hasilnya akan positif. Tapi jika berpikir negatif yang kita dapatkan lebih negatif dari pada yang kita dapatkan.

Yang punya Bumi siapa? Yang memiliki owner Kebab Baba Rafi siapa? Jawabanya Allah, Allah yang memiliki bumi. Allah juga yang memiliki Owner baba Rafi. Datang kepada Allah, Berbicara kepada Allah dengan cara berdoa. Itu yang dimaksud dengan Modal Doa.

Yakin lah bahwa doa anda akan terkabul.

Mari kita simak terjemahan AlQuran QS. Al Baqarah 186:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku. Maka ( Jawablah) bahwasanya aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala PerintahKu) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran (QS. Al-Baqarah:186)

Kita cermati sebuah contoh sekarang. Misalnya ada tanah kosong peninggalan mertua, katakanlah seluas 3000 m. berbekal tanah tersebut, saudara ingin menjadi pengusaha kontrakan. Nah, disini titik prntingnya. Saudara harus sadar betul bahwa yang menyiapkan tanah ini adalah ALLAH. Maka modal saudara adalah dia. Kembalikan keinginan saudara kepada Allah, “Ya Allah, terima kasih buat tanah kosong 3000 m ini… Rabb, tolong bagaimana caranya supaya tanah kosong ini ada kontrakan kontrakan… Rabb, saya ingin punya ysaha kontrakan.”

Sekali Lagi, modal Utama kita adalah doa. Ayo kita buktikan masing – masing. Selama 40 hari dari sekarang, Istiqomahkan doa Saudara dalam menjadi pengusaha ini akan menjadi terbuka. Sederhana kan? Urusan modal biarkan jadi Urusan Allah, jadi urusanAllah, dan urusan jalan cerita pun biarkan jadi urusan Allah.

Kita tak perlu mencari pemodal jauh jauh keluar kota atau keluar negeri. Cukup cari ALLAH, sebaik baiknya pemodal. Sederhana kan? tapi ini sejatinya berat Banyak yang tidak berdoa.

-Penuhi Panggilan Allah-

Buatlah absennya dengan kolom hari, tanggal, satuan waktu (mulai tahajuud, shubuh, dhuha, zhuhur, ashar, dst) bilamana anda di hari pertama, anda tahajud dan doa, contreng.. di shubuh doa, contreng.. kemudian saudara punya skor beraoa kali saudara berdoa.

Doanya adalah “Ya Allah, saya mu jadi pengusaha yang sukses dan manfaat, buat saya menjadi pengusaha..” begitu saudara melakukan doa, contreng

Tahajud Shubuh Dhuha Zhuhur Ashar Maghrib Isya
Hari 1
Hari 2
Hari 40

-Kelengkapan berdoa –

Berdoa, kalau langsung meminta ya tidak sopan. Harus ada sopan santunnya. Masak kita mau minjem uang langsung ngetok pintu orang, langsung to the point? Diterima? Kemungkinan sih nngak.
Tapi kalau kita memohon, mengagung agungkan orangnya dulu, keluarganya, baru kita minta, ditutup dengan baik. Insyaallah dikasih pinjaman.

Sama dengan berdoa kepada allah. Doa itu butuh kelengkapan. Pertama Bismillah dulu, kemudian shalawat.. istigfar.. hamdalah, baru content doa. Setelah content, istigfar lagi, shalawat lagi hamdalah lagi. Insyaallah kalau dibarengi dengan shalat dan sabar hasilnya LUAR BIASA.

-Art of Doa-

Dalam sub bab ini, lebih menjelaskan teknis doa, lanjut ke sub bab keren selanjutnya

-Art of Doa 2-

Mendoakan Orang lain dan amal shaleh

UStadz YM punya sahabat, mas selamet di Solo. Dia punya Omah Sinten, dia juga punya pabrik meubel. Tapi di Meubelnya ini dia bikin bagaimana semua orang kampunya terlibat Maka meubelnya dibikin meubel batik. Jadi, pembatik2 solo akhirnya dapat kerjaan, meubel ini kemudian diekspor ke amerika 6-8 kontainer setiap bulan.

Ketika tagihan kita macet, kita berdoa: “Ya Allah ini tagihan macet!” Bagus. Tapi lebih bagus lagi, jika kita berdoa “ Ya Allah, tagihan saya macet, dan saya dengar temanteman saya juga tagihannya macet juga. Saya ketipu ya Allah, saya denger teman teman saya ketipu juga. Mohon Engkau begini… mohon engkau begitu…” , Nah bantuin doa yang lain.

-Berkah RIdho, Orang Tua-

Dalam sub bab ini pentingnya memuliakan orang tua. Apalagi Ibu. Muliakan Ibumu. Undang dalam peresmian gedung, undang dalam pembukaan bisnis baru. Orang pertama yang wajib diundang adalah ibu. Bukan menteri, atau orang terpenting lain. Karena doa ibu, didengar oleh ALLAH. Meskipun Udah meninggal, tetaplah berdoa pada Allah bukan meminta pada ORang tua yang meninggal. Bagaimana caranya?
Caranya ziarah kemakamnya, doakan mereka. Dan ceritakan apa yang belum tercapai, apa keinginan. Apa doa kita. Tapi jangan meminta pada orang yang sudah meninggal.

Berikut Review Buku Sebelummya.. masih ada yang lain, sabar yaa…

Review Buku Semua bisa jadi pengusaha Part I (Mukaddimah)

Review Buku Semua bisa jadi pengusaha Part II (Bab 1 )

Iklan

IBU

Posted on

Hmm, Telat  ngucapin Ultah ke ibuku. Yah, Dwi Kartini adalah ibuku, dia ultah (katanya) tanggal 30 April 1965. mengapa aku bilang katanya?? karena jaman dulu itu ga begitu mementingkan tanggal lahir (masehi). Yang terpenting pada jaman dulu, di daerah kelahiran ibuku adalah pasaran (pon, wage, kliwon dan teman2 haha. Jadi tanggal lahir tak terdokumentasi dengan baik.

Kata ibu Tanggal 30 April 1965 itu adalah tanggal yang diberi oleh Guru SDnya. Kata guru SD ibuku bulan april dipilih itu karena hari lahirnya pahlawan wanita ibu kartini. Oleh karena itu kenapa ibu diberi nama dwi kartini(yang memberi nama gurunya juga). Pemberian tanggal kelahiran itu agar mudah diingat oleh keluarga.

oke gitu aja sejarah tentang tanggal kelahiran ibuku. Kapanpun ibu lahir I LOVE U, happy birthday MOM. *big huge* *big kiss* :-*.

tiba- tiba teringat lagu ini:

kasih ibu kepada beta

tak terhingga sepanjang masa

hanya memberi tak harap kembali

bagai sang surya menyinari dunia

Lagu yang Berbicara tentang kasih ibu. Simple, tapi menusuk banget makna yang tersirat dalam lagu itu. Hmm, pengen nangis rasanya. Karena Pengorbanannya, cinta kasihnya, tak akan berhenti sepanjang masa. Tapi banyak diantara kita yang mengabaikan cinta kasih ibu.Ketika dewasa, Ibu memberi perhatian yang lebih, kita malah menganggap bahwa kita sudah gede, ga perlu omelan dari ibu lagi. Suatu saat nanti kita akan merindukan celotehan dari ibu kita.

Pokoknya kalau ada yang durhaka sama ibu, adalah orang yang bodoh. orang yang menyia-nyiakan semua perhatian ibu adalah orang yang tidak mengerti akan hadirnya ibu. dalam islam begitu menghormati akan hadirnya ibu. Ada ayat yang menyebutkan bahwa “Surga itu ditelapak kaki ibu”, selain itu rasul dala hadistnya menyebut ibu, ibu ,ibu , kemudian ayah. begitu pentingnya seorang ibu.

Meskipun diantara kita memiliki seorang ibu yang cerewet, suka marah, suka ngomel-ngomel. itu bukan berarti ibu itu ga sayang ma kita. Justru ibu itu sayang. Hanya bentuk penyampaiannya saja dengan omelan. Tapi suatu saat ketika ibu tiada kita akan merindukan omelan-omelan sayang seorang ibu.

Pengorbanan ibu, hmm jangan  ditanya tentang pengorbanaan ibu. mulai dari mengandung sampai kapanpun ibu pasti berkorban untuk kita anaknya. Pengalamanku tentang pengorbanan ibu. Waktu itu ibu pergi ke suatu tugas dan mendapatkan jatah makan. sepulang bertugas,(aku yang waktu itu lapar) langsung menanyakan “Dapat apa bu?”, ibu langsung menjawab”dapat jatah makan le”. Tanpa pikir panjang aku langsung memakan jatah itu, padahal aku tahu bahwa ibu belum makan sebelum bertugas. ooh sungguh betapa besar pengorbanan ibu. Lebih mengutamakan anaknya yang lapar dari pada dirinya yang lapar. lebih baik dia yang kelaparan, daripada anaknya.

Pengalamanku juga tentang membantah ibu. HAH? iya ini dulu waktu jaman jahiliyahku. hehehe. waktu itu aku sering membantah ibu. hmm sekarang ga lagi. kapok! kenapa? pernah aku membantah dan KUALAT!!! @.@ . Waktu itu aku dilarang keluar rumah karena ibu takut aku kecapean. Aku yang waktu itu mau keluar ke suatu acara(yang ga begitu penting). “Le, jangan keluar ntar capek” kata ibu.

“gak papa kok bu.” kataku, ibu merasakan kalau aku sedang capek langsung melarang dengan alasan lain. “Jangan keluar le, nanti hujan” kata ibuku lagi. Padahal hari itu terang benderang. aku acuhkan himbauan ibu, aku tetap pergi begitu saja. dan ternyata.BRRRR!!! ditengah jalan, langit nampak gelap mendung, dan yang terjadi adalah hujan amat deras. aku berhenti untuk berteduh. Dan hujannya lama banget sampai acara yang aku mau hadirin itu selesai. itu pun belum berhenti. mulai saat itu aku merenung dan gak akan lagi membantah kata -kata, perintah, ibu. Karena memang benar surga di telapak kaki ibu. Dan doa ibu itu lebih didengar dari doa-doa dari perantara.

Akhir kata jangan sia -siain ibu yah. selama masih ada jangan sia-siain sebelum nyesel! Buat temen- temen yang udah ditinggalin ibu. kirimin doa ke beliau. Itulah bentuk bakthi kita ke beliau setelah wafat. dengan doa itu akan memberikan ketenangan padanya. 🙂

Dunia itu fana

Posted on Updated on

Hari itu, Abdullah bin Mas’ud masuk ke rumah rasulullah. Sebuah ruangan yang lebih layak disebut bilik kecil, di sisi Masjid Nabawi. Terlihat olehnya Rasulullah tidur begitu saja. Hanya beralaskan tikar kasar. Tidak ada kasur, tidak juga tumpukan bantal yang nyaman dan menenangkan.

Tak lama Rasulpun terbangun. Nampak dipipinya garis garis tikar yang membekas jelas. Seorang Rasul mulia, manusia pilihan, tidur hanya dengan tikar kasae, yang lantas mengguratkan garis garis dipipinya?

Melihat kondisi Rasulullah yang seperti itu, Abdullah bin Mas’ud sangat terharu. Hingga akhirnya, ia tak kuasa membendung air matanya. Abdullah bin Mas’ud menangis. Segera ia mendekati rasulullah , lalu menghapus debu yang menempel di pipinya yang mulia.

Baca entri selengkapnya »

isra’ nabi muhammad

Posted on Updated on

Sering kita mendengar shalawatan, atau tarhim. pertanda waktu shalat telah tiba. Namun, kita tidak menyadari arti/ makna sesungguhnya dari shalawat tarhim. jika kita mengetahui arti/ makna nya kita tidak akan bosan- bosan mendengar lantunan shalawat tarhim
berikut teks dan terjemahan Tarhim:

Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk
Yâ imâmal mujâhidîn yâ Rasûlallâh
Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk
Yâ nâshiral hudâ yâ khayra khalqillâh
Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk
Yâ nâshiral haqqi yâ Rasûlallâh
Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk
Yâ Man asrâ bikal muhayminu laylan nilta mâ nilta wal-anâmu niyâmu
Wa taqaddamta lish-shalâti fashallâ kulu man fis-samâi wa antal imâmu
Wa ilal muntahâ rufi’ta karîman
Wa ilal muntahâ rufi’ta karîman wa sai’tan nidâ ‘alaykas salâm
Yâ karîmal akhlâq yâ Rasûlallâh
Shallallâhu ‘alayka wa ‘alâ âlika wa ashhâbika ajma’în

Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu
duhai pemimpin para pejuang, ya Rasulullah
Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu
duhai penuntun petunjuk Ilahi, duhai makhluk yang terbaik
Shalawat dan salam semoga tercurahkan atasmu
Duhai penolong kebenaran, ya Rasulullah
Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu
Wahai Yang Memperjalankanmu di malam hari Dialah Yang Maha Melindungi
Engkau memperoleh apa yang kau peroleh sementara semua manusia tidur
Semua penghuni langit melakukan shalat di belakangmu
dan engkau menjadi imam
Engkau diberangkatkan ke Sitratul Muntaha karena kemulianmu
dan engkau mendengar suara ucapan salam atasmu
Duhai yang paling mulia akhlaknya, ya Rasulullah
Semoga shalawat selalu tercurahkan padamu, pada keluargamu dan sahabatmu.

subhanllah, dalam suatu riwayat diceritakan bahwa rasul di isra’kan dari mekkah ke masjidil aqsa seperti
bulan bercahaya di tengah kegelapan malam, dalam perjalanannya rasul mengalami beberapa peristiwa yang banyak sekali diantaranya wangi semerbak, masithoh( tukang sisir anak fir’aun), kenapa bisa semerbak ya jibril?”tanya Rasullulah.
jibril menjawab ” ya rasul, ketika masithoh menyisir anak fir’aun sisirnya terjatuh dan dia mengambil sisirnya dengan berkata bismillah,
lalu anak firaun bertanya” apakah ada allah selain ayahku?”
dengan tegas mashitoh menjawab “naam, rabbi, rabbuki, rabb abiki, Allah( ya, tuhanku, tuhan mu dan tuhan ayahmu yaitu allah)
anak firaun berkata” akan aku adukan pada ayahku ” dan mashitoh si tukang sisir itu menjawab laporkan!
firaun mendengar ini marah dan memanggil keluarga masithoh, suami, dan anak. telah disiapkan sebuah tungku besar didalamnya terdapat air mendidih.
lalu suami mashitoh ditenggelamkan kedalam tungku tersebut. terdengar suara jeritan yang perlahan tidak terdengar,lalu firaun bertanya bagaimana apakah ada tuhan selain aku???
mashitoh menjawab “naam, rabbi, rabbuki, Allah( ya, tuhanku, tuhan mu, yaitu allah)
lalu di tenggelamkan pula anak mashitoh kedalam tungku tersebut. terdengar suara jeritan yang perlahan tidak terdengar,lalu firaun bertanya bagaimana apakah ada tuhan selain aku???
mashitoh menjawab “naam, rabbi, rabbuki, Allah( ya, tuhanku, tuhan mu, yaitu allah)
giliran mashitoh ditenggelamkan, sempat mundur, karena beliau menggendong bayi, yang dalam pikirannya bahwa bayi itu masih berhak hidup dan belum tau apa2,

namun tiba2 bayi itu berkata, jangan begitu bu, lanjutkan !
akhirnya mashitoh pun loncat dan tersebar wangi harum,

selain kisah itu ada juga peristiwa orang yang memukuli kepalanya dengan batu Rasul bertanya pada malaikat jibril “kenapa itu yaa jibril?”
Jibril menjawab itu adalah orang yang susah disuruh bersujud pada allah
ada juga kisah orang yang menanam pohon, berbuah, dan memanen pada waktu itu juga rasul bertanya pad jibril pohon apa wahai jibril??
jibril menjawab pohon sedekah
dan banyak lagi kisah2 lainnya.

rasul dalam isra’ beberapa kali berhenti untuk shalat 2 rakaat, diantaranya yastrib(madinah sekarang) ,bukit tursina tempat nabi musa berdialog dengan allah, di bayt al-lehm tempat nabi isa lahir

setelah sampai di masjid al-aqsa nabi pun disambut oleh banyak orang, padahal disana adalah padang rumput, bukan kawasan padat penduduk, rasul bertanya pada jibril siapa mereka yaa jibril??

mereka adalah ambiya wal mursalin( para nabi dan orang terpilih)yang jumlahnya 124.000 dan 313 rasul,menggiring nabi maju kedepan dan untuk mengimami para nabi.

setelah jibril adzan, iqamah, jibril mempersilahkan nabi untuk mengimami, para rasul, nabi bertanya ” kenapa saya ya jibril, dan seluruh ambiya warmursalin mempersilahkan beliau seperti santri mempersilahkan kiainya untuk mengimami.

tarhim mp3 dapat didownload di http://www.index-of-mp3.com/download-Doa_Salawat_Tarhim_Imsak_Subuh-iw-Doa_Salawat_Tarhim_Imsak_Subuh.html

Hakikat cinta dan benci

Posted on

Cinta (al-mahabbah) dan benci (al-karâhah), merupakan fitrah emosional yang dianugerahkan Allah SWT pada seluruh manusia. Bagi seorang Muslim, cinta dan benci itu harus berdasarkan proporsionalisasi syarî’at. Karena, bisa jadi, apa yang kita cintai itu justru sesuatu yang buruk, dan sebaliknya membenci sesuatu yang sebetulnya baik buat kita (Qs.2:216). Jika tidak demikian, betapa banyak orang yang akan menjadi korban akibat tidak tahu menempatkan arti cinta dan benci ini.

Dalam Islam, cinta seseorang haruslah berlandaskan kepengikutan (ittiba’) dan ketaatan. Sebagaimana firman-Nya, “Jika kamu benar-benar mencintai Allah, ikutilah aku (Rasulullah), niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu” (Qs.3:31-32).

Salah satu cinta yang diajarkan Rasulullah SAW. diantaranya adalah, mencintai dan mengasihi sesama. Kecintaan ini, sebagaimana pernah dicontohkan beliau, tak pernah dibedakan antara Muslim dan non-Muslim. Bahkan, tidak dibenarkan jika kita tidak berbuat adil kepada suatu kaum misalnya, hanya karena benci kepada mereka (Qs.5:8).

Ajaran cinta Islami yang mesti disemaikan bukanlah sebatas sesama Muslim. Tetapi justru sesama manusia dan sesama makhluk. Rasulullah SAW. bersabda, “Hakikat seorang Muslim adalah, mencintai Allah dan Rasul-nya, sesamanya, serta tetangganya, melebihi atau sebagaimana ia cinta kepada dirinya sendiri” (HR. Imâm Bukhârî).

Kecintaan yang terekspresikan akan menjadi amal saleh buat pelakunya. Maka dari itu, kecintaan maupun kebaikan, meskipun baru tersirat dalam hati dan belum terlaksana, tetap akan mendapat pahala di sisi Allah. Sebaliknya, kebencian yang tersimpan dalam lubuk hati di samping sebuah kewajaran, juga tidak dicatat sebagai keburukan, hingga niatnya itu betul-betul dilakukan (al-Hadits).

Ekspresi sebuah kebencian tak lain sikap hasud yang dilarang Islam. Hasad adalah iri dan bersikap dengki terhadap orang atau kelompok lain, bahkan sebisa mungkin, berupaya menjatuhkan dan menghilangkan semua kepemilikan seseorang yang dianggap lawannya itu. Dari sini hasud berubah wujud menjadi hasutan, bagaimana merekayasa isu dan gosip tanpa fakta untuk turut meyakinkan orang lain, agar sama-sama membenci bahkan menganiaya orang atau kelompok tertentu.

Benci yang hasud seperti di atas dilarang Rasulullah SAW, sabdanya, “Jauhilah oleh kalian sikap hasud, karena hasud itu niscaya akan memakan amal kebaikanmu layaknya api menghanguskan kayu bakar” (HR. Abû Dâwûd).

Wajah seorang muhâsid (pelaku hasud) tak lain seorang provokator yang senang mengadu-domba antarsesama, menabur fitnah, serta wujud dari kerja sama dalam menebar dosa (al-itsm) dan permusuhan (al-‘udwân). Mereka diancam Nabi SAW. tidak akan masuk surga, karena mencoba memutuskan pertalian kasih dan sayang antarsesama manusia (HR. Bukhârî-Muslim).

Dalam konteks Islam, shilat-u ar-rahmi (shilah, menghubungkan; dan rahmi, berasal dari rahim yang sama) merupakan keharusan menyemaikan perdamaian dan keharmonisan hidup antarinsan. Inilah inti rahmat-an lil-‘âlamîn; mencintai dan membenci karena Allah akan mendatangkan rahmat, sebaliknya, jika sesuai seleranya sendiri, terancam kepedihan azab-Nya. Dalam arti, tidak turunnya rahmat dan bertaburnya benih-benih perpecahan dan perselisihan (Bulûghu ‘l-Marâm, 2000; 496).*

Agar kecintaan tumbuh dan bersemai dalam diri setiap insan, Rasulullah mengajarkan, “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam (kedamaian), berilah makan orang yang membutuhkan, sambungkanlah tali persaudaraan, dan shalatlah Tahajjud pada sepertiga malam (introspeksi), niscaya kamu akan masuk surga dengan damai” (HR. Imâm Tirmidzî).

Demikian sebaik-baik kecintaan dalam Islam. Kedamaian ditebarkan untuk dan kepada siapa pun. Seorang muslim sejati ialah apabila, orang lain selamat dari ulah lisan, tangan, maupun kewenangannya (Fath-u al-Bârî I; 76-86). Wallâhu a’lam.

(from sigit supriyanto in fb grup Ustadz Jefry Al-Buchori)

BlueBerry Andalkan Fitur Islami

Posted on

VIVAnews – BlueBerry, merek ponsel milik CSL, sudah hadir di pasaran Indonesia. Bahkan sebelum masuk ke pasar Jakarta, ponsel buatan produsen asal China tersebut sudah lebih dulu beredar di daerah.

Untuk menarik minat konsumen, CSL mengandalkan fitur-fitur islami pada ponsel yang mereka hadirkan.

“Jujur saja, untuk pemasaran BlueBerry di Indonesia, kami mengandalkan fitur Islami,” kata Devi Savitri, Product Marketing CSL di sela Peluncuran BlueBerry i9000 di Jakarta, 11 Desember 2009.

“Jika brand-brand lain, termasuk brand lokal, mengandalkan fitur Islami di tipe-tipe ponsel tertentu saja, kalau BlueBerry di seluruh tipe. Ini yang menjadi keunggulan sekaligus yang membedakan kami dengan brand-brand lain,” ucap Devi.

Fitur-fitur Islami ini, sebut Devi, disesuaikan dengan negara Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. “Bagi yang non-muslim, kami bisa tempatkan fitur-fitur Islami itu di flash card (kartu flash) dan tidak dimunculkan di ponsel,” ucapnya.

“Beberapa fitur Islami yang kami sediakan adalah fitur Adzan, penunjuk arah kiblat, pengingat waktu shalat, dan Al-Quran berbentuk file MP3/MP4,” ucap Devi.

Untuk waktu Adzan, kata Devi, pihaknya menyediakan Adzan Makkah versi full. Sementara penunjuk arah kiblat, disesuaikan dengan arah jarum kompas digital. “ Adapun untuk fitur pengingat waktu shalat, sudah kami bagi per wilayah, yakni WIB, WITA, dan WIT,” ucapnya.

Masjid Agung Baiturahman Banyuwangi

Posted on Updated on

  • Masjid Agung Baiturahman adalah ikonnya masyarakat Banyuwangi. Masjid ini sebelumnya bernama Masjid Jami’ Banyuwangi ini berdiri di saat Banyuwangi pertama kali dibangun. Mas Alit atau Raden Temenggung Wiraguna I pada tanggal 7 desember 1773 ditunjuk sebagai bupati Blambangan terakhir sekaligus bupati Banyuwangi pertama. Mas alit pun langsung memerintahkan kepada para punggawa Blambangan untuk membuka ibukota baru (yang telah dipilihnya), dan yang pertama dilakukan adalah membuat tempat untuk melakukan shalat lima waktu berjamaah, karena pengikut Mas Alit/ prajurit-prajurit Blambangan adalah adalah penganut agama Islam yang taat beribadah. Dari sebuah tempat yang sangat sederhana yang hanya dibatasi oleh kayu seadanya kemudian dibentuk lebih indah itu akhirnya menjadi masjid yang cukup luas. Sampai sekarang tanggal 7 Desember dijadikan hari lahir (Harlah) Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi. Setahun setelah pembuatan masjid sederhana, tepatnya sejak 24 oktober 1774, Masjid Jami’ Banyuwangi mulai ramai menjadi tempat shalat.
    Masjid Agung kebanggaan masyarakat Banyuwangi ini mengalami renovasi beberapa kali setelah berdiri.
    Pertama: mulai dibangun secara permanen tahun 1840, selesai dibangun tanggal 18 Sya’ban 1260H/1844, waktu itu pembangunan permanen pertama kali dipimpin oleh Bupati Raden Adipati Wiryodanu Adiningrat, sebagai pelaksana pembangunan Patih Raden Pringgokusumo Hadiningrat yang dibantu oleh Hakim Bagus Achmad bin Ngabsi.
    Kedua : Mulai direnovasi tanggal 28 Maret 1969, selesai dipugar tanggal 8 Maret 1971 dan diresmikan tanggal 12 April 1971.
    Ketiga : Mulai direnovasi bentuk atapnya (kubah) tahun 1986, selesai dibongkar atapnya menjadi atap joglo tahun 1990, dan diresmikan tanggal 7 maret 1990
    Keempat: Publikasi gambar rencana pembangunan Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi tanggal 12 juni 2005, mulai dibangun kembali (peletakan batu pertama) tanggal 9 september 2005.(sisipan buletin jum’at baiturrahman edisi 1 oktober 2008)
  • INi Masjid Baiturrahman belum dibangun
    baiturrahman
  • Ini yang di rehab
  • baiturahman-baru1